Aplikasi Rekap Pelanggaran Tata Tertib Siswa SD Plus Menu Cetak - xlsx

Tata tertib siswa adalah suatu aturan yang berlaku bagi para peserta didik dalam rangka menertibkan perilaku atau sikap mereka saat berada di sekolah. Tata tertib diyakini dapat membatasi gerak agar siswa tidak berkelakuan semaunya. Hal ini tentu akan menjadikan sekolah menjadi aman dan jauh dari berbagai kasus terutama di dalam lingkungan sekolah.

aplikasi rekapitulasi pelanggaran tata tertib siswa plus menu cetak
Ilustrasi oleh Pixabay

Di sekolah dasar atau SD, tata tertib diterapkan bagi para peserta didik sehingga mereka lebih berjiwa disiplin dan bertanggung-jawab, dan begitu juga perannya di jenjang pendidikan atau sekolah lain pun. Akan tetapi, meski tata tertib itu diterapkan bagi semua siswa, namun tetap saja pelanggaran sering terjadi di sekolah.

Ketika pelanggaran terhadap sebuah tata tertib terjadi, tentunya kesiswaan harus mencatat setiap kasus tersebut dan merekapnya menjadi arsip. Bila diingat, tentu aktivitas tersebut dapat menjadikan kesiswaan menjadi repot dalam menulisnya. Agar pekerjaan ini terasa ringan, maka saya membagikan aplikasi untuk me-rekap pelanggaran yang dilakukan siswa terhadap tata tertib yang berlaku.

Aplikasi ini bermanfaat bagi kesiswaan, juga guru BK di SD dalam mengelola dan merekapitulasi (rekap) setiap pelanggaran yang dilakukan oleh siswa beserta tindak lanjut yang diberikan kepadanya.

Adapun menu yang tersedia dalam aplikasi tersebut meliputi:
  • Input data umum (menu ini berisi lembar format identitas sekolah dengan nama-nama wali kelas dari kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6)
  • Kode pelanggaran (berisi nomor, jenis pelanggaran, dan skor yang dikurangi jika siswa melakukannya)
  • Tingkat pelanggaran (berisi klasifikasi ringan, sedang, dan beratnya suatu pelanggaran yang dilakukan beserta konsekuensi yang harus diterima oleh siswa)
  • Input nama siswa (pelanggar tata tertib)
  • Menu cetak arsip
  • Menu cetak surat (teguran tertulis, panggilan orangtua, skorsing, laporan perkembangan siswa).
Bagi siapa saja guru SD (sekolah dasar) yang memiliki tugas tambahan sebagai kesiswaan, maka Bapak dapat memiliki aplikasi yang kami bagikan dalam sebuah file xlsx (excel) yang dapat di download secara gratis melalui tautan berikut ini. 
Semoga aplikasi berformat xlsx yang dibagikan dapat membantu Bapak kesiswaan, juga guru BK yang bekerja di SD tempat rekan-rekan bekerja.

Halo... Salam kenal.

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi Rekap Pelanggaran Tata Tertib Siswa SD Plus Menu Cetak - xlsx"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel